Mengenal Posisi Module Joomla

Setiap template joomla yang kita pakai dalam sebuah website mempunyai lay out yang berbeda-beda. Umumnya template tersebut terdiri dari blok-blok yang biasa dipakai untuk menempatkan beberapa buah module. Setiap blok mempunyai nama masing-masing yang sekaligus menjadi nama dari module position. Sehingga kita dapat dengan mudah menempatkan module agar sesui dan matching dengan layout template tersebut. Untuk melihat layout/tata letak dari modul position itu bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah dari sisi halaman pengunjung, kita dapat melihat module position dengan mengetikkan /?tp=1 dibelakang nama domain misalnya http://cauza.web.id/?tp=1. Cara tersebut bisa dilakukan dengan catatan option pada templates manager tercentang enable untuk preview module positions (versi Joomla 1.7 ke atas).

enable-preview-module-positions
Kemudian cara lainnya adalah dari halaman administrator untuk joomla versi  1.6 ke bawah dengan melihat preview pada template yang dipilih.

preview-module-positions
Setiap module position bisa di isi dengan beberapa modul disesuaikan dengan lay out template tersebut. Misalnya pada module right yang biasanya mempunyai space yang panjang bisa diisi dengan 3 sampai 4 modul sekaligus. Sehingga penempatan module juga disesuaikan dengan karakteristik khusus module tersebut. Sebagai gambaran berikut contoh template dengan posisi modulnya.

module-positions