Modifikasi URL SEO pada Lokomedia

Lokomedia memang sudah mendukung URL SEO dengan metode rewrite melalui file .htaccess-nya. Pada umumnya dalam pemrograman PHP kita lebih familiar dengan URL dengan menggunakan variabel-variabel tertentu yang biasanya menggunakan metode GET atau yang lainnya, contoh index.php?&id=10. Pada CMS Lokomediapun sesungguhnya menggunakan URL yang demikian. Kalau kita mengakses URL http://localhost/lokomedia/berita-12-judul-berita.html  aslinya adalah http://localhost/lokomedia/media.php?module=detailberita&id=12. Lalu kenapa bisa demikian ? Coba buka file .htaccess dalam folder lokomedia, disanalah proses penulisan kembali URL yang asli menjadi URL modifikasi. Pada kasus diatas berlaku aturan sebagai berikut :

Dari aturan tersebut maka bisa dilihat bahwa ketika kita mengakses modul detailberita maka URLnya akan berubah menjadi ../berita- kemudian ketika memanggil id=$1 berita maka akan tertulis ../berita-(.*) dan judul-berita akan tampil pada ../berita-(.*)-(.*)\.html. Pengubahan variabel pada file .httacces akan mempengaruhi semua link yang berkaitan dengan link dalam file lain yang berhubungan. Misalnya ketika kita akan mengubah URL SEO menjadi http://localhost/lokomedia/baca-12-judul-berita.html. Maka selain kita harus merubah file .httacces kita juga harus mengubah file lain seperti dalam module home yang biasanya terletak pada file kiri.php. Dimana link yang berkaitan dengan berita akan berubah menjadi baca. Misalnya :

Kemudian bagaimana jika kita mengubah tanda ‘-‘ menjadi tanda yang lain milasnya ‘,’ (koma) atau ‘)’ atau tanda lainnya? Boleh-boleh saja tentunya dengan syarat tanda tersebut tidak membuat server bingung membacanya misalnya kalau kita ingin memberi jeda dengan tanda kurung buka “(“ maka akan bertabrakan dengan nilai variabel id sehingga harus ditambahkan tanda back-slash ‘\’ sebelum kurung buka. Tapi rasanya jarang orang menggunakn URL yang aneh seperti ini. Untuk lebih jelas mengenai tanda apa saja yang diperbolehkan silahkan baca bagaimana aturan penulisan .htaccess.

Sebenarnya yang ingin lebih dalam kita bahas dalam artikel ini adalah pengunaan relative URL dan absolute URL. Ini berguna ketika kita ingin memodifikasi URL SEO kita menggunakan jeda garis miring, seperti ../berita/12/judul-berita/. Jika kita terapkan URL yang demikian dengan otomatis tampilan website kita akan berantakan, karena Lokomedia dalam memanggil file-file pendukung seperti css dan jquery masih menggunakan URL relative $f[folder]/css/style.css. Sehingga pemanggilan fiel css mengarah ke ../berita/12/judul-berita/css/style.css. Padahal folder css tidak terletak pada folder judul-berita karena sesungguhnya judul-berita adalah sebuah virtual directory. Solusinya adalah memberikan URL absolute dalam memanggil file css tersebut menjadi “http://localhost/lokomedia/css.style.css” . Karena URL absolute sering digunakan, ada baiknya bila kita buat sebuah variabel dalam file koneksi misalnya dengan nama $base_url = “http://localhost/lokomedia”; . Bila kita memerlukan maka kita bisa memanggilnya, seperti $base_url/$f[folder/css/style.css.

Apakah sudah cukup dengan melakukan modifikisai demikian? Ternyata masih ada permasalahan ketika kita memasukkan gambar menggunakan editor texarea seperti tinymce. Karena dalam seting default tinymce lokomedia masih menggunakan relative URL juga dalam memanggil file. Maka perlu juga ditambah sebuah konfigurasi pada file tiny_lokomedia.js dengan menambahkan  kode berikut :

 

Lihat http://www.tinymce.com/tryit/url_conversion.php untuk info lebih lengkap.