Modul Admin Web Statistik (Basic) untuk Lokomedia dengan Grafik 3D

Dalam halaman administrator default lokomedia belum terdapat modul web statistik. Padahal sebenarnya modul ini penting jika kita ingin menganalisa trafik dan mengoptimasi website kita. Memang pada halaman user telah tersedia, namun web statistik pada halaman user hanya menampilkan laporan harian. Jika ingin mendapatkan laporan yang lebih detail sebenarnya kita bisa menggunakan layanan webstat dari pihak ketiga. Memang ada yang berbayar, tapi ada juga yang gratis. Jika kita tidak mau berurusan dengan registrasi dan aturan yang ribet, tidak ada salahnya untuk membuat sendiri modul web statistik sederhana tersebut.

ws-loko

Kita mulai dengan mengupload jquery dan jquery.fusioncharts.js ke dalam folder JS, juga file-file chart swf dalam folder Charts (tidak harus semuanya/yang dibutuhkan saja). Panggil file tersebut di file media.php dalam folder adminweb (folder default administrator lokomedia).

Lanjutkan dengan membuat folder mod_stat yang berisi file stat.php. Dalam file inilah kita akan membuat halaman statistic web sederhana dengan memanfaatkan fasilitas fusionchart dari html table. Caranya buat tabel horizontal dengan header tanggal dalam seminggu (7 kolom + 1 kolom keterangan), kemudian dibaris diikuti baris kedua dengan keterangan Jumlah pengunjung perhari (visitors) dengan masing-masing nilai, dan terakhir adalah baris jumlah hits perhari. Jangan lupa untuk memberikan nama id pada tag table-nya.

Kita bisa menampilkan grafik dari tabel diatas dengan menambahkan javascript di bawahnya.

Setelah file stat.php selesai, upload mod_stat kedalam folder modul dan tambahkan modul dimenu manajemen modul halaman administrator dengan link ‘?module=stat’ dan terakhir adalah mengedit file content.php untuk menambahkan modul web statistik agar bisa ditampilkan.

File Download