Membuat Modul Baru pada CMS Lokomedia (Studi Kasus Modul Kelas pada Website Sekolah)

Memang menambahkan modul pada CMS Lokomedia tidak semudah menambahkan widget pada WordPress ataupun module pada Joomla. Namun kelebihannya adalah kita bisa membuat modul sendiri dengan mudah dan simpel. Tidak seperti pada wordpress dan joomla yang harus paham kode framework yang mereka gunakan untuk membuat modul atau widget yang belum tersedia. Pada lokomedia, cukup dengan memahami kode php kita dapat dengan mudah membuat modul sesuka hati kita.

Dalam artikel ini kita akan bahas bagaimana cara membuat modul lokomedia yang sederhana. Namun pada intinya dalam pembuatan modul lokomedia akan mengikuti langkah-langkah tersebut. Untuk memudahkan, kita akan membahas kasus untuk membuat modul kelas pada website sekolah. Misalnya dalam sekolah tersebut terdapat beberapa kelas seperti I A, I B, I C, II A , II B, II C, III A, III B, dan III C. Untuk membuat kelas-kelas tersebut kita bisa menambahkannya pada halaman admin dan juga bisa menampilkannya dihalaman utama. Kasus ini sebenarnya mirip dengan modul kategori yang sudah tersedia pada Lokomedia.

Langkah 1. Membuat Database

Untuk module ini kita membutuhkan table kelas dengan 2 field id_kelas dan nama kelas. Caranya buka phpmyadmin-pilih database-buat table kelas seperti gambar berikut :

buat-tabel

Kemudian isi 2 field yang kita buat dengan properties sebagai berikut kemudian save :

phpmyadmin-tabel

Langkah 2. Membuat Menu Module di Halaman Admin

Masuk halaman administrator http://localhost/lokomedia/adminweb masukkan username dan pasword. Klik menu Manajemen Modul-Tambah Modul dan buat modul baru dengan value seperti gambar :

add-module

Maka modul Kelas akan muncul dalam menu disebelah kiri, namun ketika diklik akan muncul pesan modul belum lengkap kerena script modulnya belum dibuat.

Langkah 3. Membuat script module halaman admin

Biasanya script modul admin lokomedia diletakkan pada folder adminweb/modul/nama_modul. Karena module yang akan kita buat modul kelas moka nama_modulnya adalah mod_kelas yang berisi file kelas.php dan aksi_kelas.php.

folder_module

Copy script ini kedalam file yang telah kita buat.

Script kelas.php

Script aksi_kelas.php

File bisa didownload disini

Langkah 4. Memanggil script modul kelas

Ini dilakukan agar modul kelas bisa tampil dihalaman administrator. Caranya buka file content.php pada folder adminweb dan sisipkan script berikut pada baris modul mengikuti pola yang sudah ada :

Langkah 5. Menampilkan Module di Halaman Pengunjung

Kita bisa memilih akan menampilkan module kelas halaman pengunjung dimana saja. Bisa di kiri kanan atau pada isi/content website. Caranya adalah dengan menambahkan script berikut :

Contoh script diatas untuk template sandbox pada file content.php

Langkah 6. Menambah Rule pada .htaccess

Buka file .htaccess dan tambahkan kode berikut :

Langkah 7. Membuat Menu menuju Link Modul Pengunjung

Masuk halaman administrator  klik module menu dan buat menu Kelas dengan link /kelas.html


*Diadaptasi dari 7 Langkah Membuat Modul CMS Lokomedia (bukulokomedia.com)